Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Sunnah Menjadi Tidak Boleh

Share on :
Rancangan undang-undang mengenai nikah siri mulai merambah ke ranah bawah atau masyarakat, ritual yang mereka lakukan seperti nikah siri  pada umumnya adalah upaya peminimalisiran biaya upacara nikah yang masih melekat dalam budaya kita untuk mengharuskan si mempelai merayakannya dengan pesta mewah dan meriah. Namun dilain pihak ada yang melakukan nikah siri sebagai bentuk pelegalan hubungan pasangan kekasih dan hal ini terjadi pada umumnya  tanpa izin kedua orang tua pasangan (Hal ini kerap terjadi di kalangan mahasiswa).

Pemerintah dituntut harus adil dalam mengkaji rancangan undang-undang nikah siri, karena seakan-akan pemerintah melarang perbuatan sah menurut agama (Islam) dan mengizinkan yang bathil/larangan agama seperti pelacuran (Lokalisasi). Sejatinya pemerintah lebih dulu membuat dan mensosialisasikan larangan-larangan terhadap perbuatan yang melanggar norma agama seperti kumpul kebo, lokalisasi, minuman keras (pabrik masih berdiri tegak) dan lain-lain.

Disisi lain, isu tentang pelarangan nikah siri seakan-akan telah menenggelamkan perhatian masyarakat mengenai kasus-kasus besar bangsa seperti korupsi dan kasus "bang" Century. Masyarakat harus teliti terkait isu-isu pelarangan nikah siri, jangan-jangan isu pelarangan nikah siri akan membungkam suasana antipati masyarakat terhadap kasus-kasus besar bangsa. Alangkah lebih baik, jika pembahasan nikah siri dilakukan diskusi formal dengan melibatkan para 'ulama yang benar-benar kompeten terkait hukum nikah siri, jangan sampai umat Islam yang tidak mampu mengalami kesulitan menikah. 

Alasan lain, masyarakat menyukai nikah siri karena tidak terlalu sulit untuk mengurus surat-menyurat pernikahan yang berbelit-belit dan memakan waktu lama, belum biaya ketik dan salam "templek" yang sudah membudaya ditataran birokrasi desa sampai ibukota.

Sumber: Blogger Fakir Berbagi Mencapai Manfaat

0 komentar on Sunnah Menjadi Tidak Boleh :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended