Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Hikmah Kefakiran | Blogger Fakir

Share on :
Setiap orang memiliki penilaian yang variatif mengenai kekayaan, seseorang dinilai kaya memiliki kategori bermacam-macam. Mulai dari keberadaan harta yang melimpah, kepemilikan isteri yang banyak, kepemilikan jabatan yang tinggi dan memiliki pulau dimana-mana. Sebagai manusia tidak salah jika hal diatas dijadikan standar penilaian mengenai seseorang yang dapat dikatakan kaya, namun apabila mengaca kepada pahlawan revolusi dunia yaitu Nabi Muhammad saw. maka hal diatas hanyalah bagian dari hakikat keduniaan.

Memahami kehidupan Rasulullah saw yang sangat menarik adalah simbol-simbol keduniaan tidak tampak pada diri beliau, namun dalam hal kebutuhan duniawi beliau tidak pernah kekurangan. Diluar kemuliaan beliau sebagai utusan Allah, karakter tersebut sudah tertanam dalam menjalani hidup sehari-hari. Kadang kala orang yang belum mengenal beliau akan menilai bahwa beliau adalah orang miskin, dilain waktu juga orang-orang menilai beliau sebagai orang yang kaya dan dermawan, disisi lain saat peperangan beliau mendapatkan penilaian sebagai seorang pemimpin prajurit dan ada juga hadits lain yang mengisahkan kehidupan beliau seperti seorang fakir miskin. Hal inilah yang harus menjadi tauladan bagi kita sebagai pengikut beliau, jangan hanya hal yang menguntungkan secara kasat mata saja yang diambil sebagai landasan hidup. Parahnya lagi, kebanyakan orang hanya menauladani Rasul pada tataran beristri lebih dari satu, sedangkan menjalani hidup dalam kefakiran membuat mereka ketakutan untuk mengakui hal tersebut. Padahal kita terlahir dan sampai wafatpun akan hidup dalam kefakiran, karena pada hakikatnya manusia tidak ada sempurna kecuali Nabi Besar Muhammad saw. Nabi Muhammad saw yang memiliki kesempurnaan masih menghargai kefakiran dalam hidup, kenapa masnusia lemah seperti anda, mereka ataupun kita semua masih takut dengan kefakiran.

Penomena kehidupan manusia seperti Rasulullah perlu dijadikan acuan dalam menilai seseorang, tidak menutup kemungkinan seseorang yang dinilai tersebut mengambil ruh kehidupan Nabi Muhammad saw yang menjadikan hiasan dunia sebagai sarana, namun upaya pendekatan diri kepada Allah SWT sebagai tujuan dalam hidup. Standar penilaian tentang kaya atau tidaknya seseorang merupakan cerminan karakter penilai itu sendiri, ambil contoh jika seseorang tersebut menilai si X salah karena mendahulukan berangkat/naik haji daripada membeli mobil dan bertanya-tanya kenapa tidak membeli mobil dulu. Sepintas dapat diketahui bahwa si penilai mendahulukan dunianya daripada ibadahnya, mobil sebagai fasilitas memenuhi kebutuhan dunia dan masih bisa diminimalisir dengan memiliki kendaraan roda dua. Na’udzubillah…..

Dalam kehidupan sehari-hari tidak sulit menemukan orang-orang yang dalam hidupnya menjadi hiasan dunia sebagai tujuan dan symbol kehidupannya, sehingga wajar jika pecinta hiasan dunia tidak terlalu mempercayai apa yang menjadi firasat hidupnya, ia hanya menjalani hidupnya sebagaimana yang dia lihat. Kendali hidup orang seperti ini hanyalah harta, tahta dan wanita tapi tidak sedikit juga dari mereka hanya menjadikan harta saja sebagai penilaian hidup seseorang dikatakan sukses. Apakah Sukses disimbolkan dengan Harta?

Semoga kita semua mendapatkan kekayaan yang mulia yaitu kaya cinta terhadap Allah dan Rasul-Nya, kaya cinta kepada kedua orang tua, kaya cinta kepada Ulama, kaya cinta kepada guru-guru kita, kaya ilmu yang bermanfaat dan kaya keinginan untuk berbagi serta membantu terhadap sesama. Disisi lain, kita harus menghindari kaya akan kesombongan, kaya akan kemunafikan, kaya akan hutang dan kaya akan kehinaan serta menghindari dari kaya keinginan untuk menguasai segala sesuatu. Apapun yang terjadi, semoga kita tidak mengambil hak Allah di dunia ini. Amiiiin….
Raamjanee….

0 komentar on Hikmah Kefakiran | Blogger Fakir :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended