Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Rihlah Ilmiah

Share on :
Rihlah Ilmiah, Itulah bahasa yang khas di kampus saya dalam melaksanakan acara studi banding dan tour. Rihlah ilmiah itu saya laksanakan dengan teman-teman ke sebuah kota wisata dan yang dikenal juga dengan kota pelajar, kota mana lagi kalau bukan Yogyakarta. Rombongan dalam kegiatan Rihlah ilmiah ini melibatkan teman-teman satu kelas, suami atau isteri anggota kelas, 7 Mahasiswa satu kampus dan dua pendamping dari kampus, sehingga jumlah keseluruhan menjadi 38 Orang. Kami berangkat pada hari kamis tanggal 4 Pebruari 2010 tepat pukul 20.30 WIB start dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui jalur Mojosari (Mojokerto).

Tempat awal yang kami kunjungi adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, disana kami diterima langsung oleh direktur pasca sarjananya di ruang pertemuan gedung Rektorat dan langsung melakukan diskusi interaktif. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang akrab disapa UIN SUKA sangat welcome sekali menerima rombongan kami, dalam forum interaktif banyak terobosan-terobosan yang dilakukan kampus yang dahulunya dikenal dengan IAIN Sunan Kalijaga. Terobosan yang mereka lakukan adalah membentuk satu jurusan pendidikan beasiswa di pascasarjana S2 dengan mengintegrasikan paradigma UIN SUKA dan salah satu kampus di Australia, apabila masuk jurusan tersebut maka kuliah di UIN SUKA 1 tahun dan di Australia 1 tahun. Hebatkan...?
(Menyerahkan Cinderamata oleh Saya Dari UIN MALIKI kepada UIN SUKA)

Setelah melakukan diskusi interaktif di UIN SUKA selama 2 jam, rombongan kami melanjutkan ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Di Kampus ini kami diterima dengan "seadanya", karena masuk kampus tersebut tepat pukul 11.20 WIB hari Jum'at maka diskusi hanya diawali dengan perkenalan selama 20 menitan dan dilanjutkan setelah Sholat Jum'at. Pada pukul 13.00 WIB, diskusi interaktif dilanjutkan. Dari pihak UNY hanya satu orang yang menerima kami, lain dengan UIN SUKA yang kurang lebih 7 orang melayani kami dalam berdiskusi. Dalam diskusi interaktif di UNY hanya sedikit yang kami dapat, tapi bukan berarti diskusi tersebut tidak informatif. Ada juga hasil diskusi yang informatif, seperti kiat-kiat dalam mendapatkan akreditasi A melalui jurnal dan beberapa kiat-kiat lainnya.
(Penyerahan Cinderamata oleh Pak Zainul Arifin sbg Pendamping Dari UIN MALIKI kepada UNY)

Setelah selesai melakukan diskusi Interaktif di UNY yang dulu akrab dengan IKIP Yogyakarta, kami melanjutkan perjalanan ke Universitas Gajah Mada (UGM). Pada diskusi di Kampus ini mengalami hambatan, mulai dari macetnya perjalanan di kota Yogyakarta dan kondisi alam yang hujan deras menghiasi perjalanan kami dari UNY ke UGM. Karena hal tersebut, kami mengalami keterlambatan yang harusnya kami memulai diskusi interaktif di Kampus UGM pada pukul 14.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB., alhamdulillah...pihak UGM bagian Jaminan Mutu membuka pintu silaturrahminya dengan senang hati, saat masuk ruangan diskusi kami sempat agak sungkan. Karena, walaupun kami terlambat pihak Jaminan Mutu UGM bersedia mempresentasikan sistem Manajemen Mutu dengan luasnya dan setiap meja ruang diskusi sudah tersedia snack untuk kami (beda dengan UNY yang hanya menyediakan brosur informasi mengenai pasca sarjana UNY). UGM adalah kampus terakhir yang kami kunjungi, banyak hal-hal informatif kami dapatkan dikampus yang luas ini. Diantaranya mengenai penegakkan disiplin di kampus tersebut dan beragam teori manajemen mutu yang baru bagi kami, memang sebelumnya para dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pernah melakukan studi disini, namun bagi kami teori Manajemen Jaminan Mutu  di UGM tidak akan pernah basi dan harus terus dikaji.
(Penyerahan Cinderamata Oleh Mas Aziz dari UIN MALIKI kepada UGM)

Setelah melakukan diskusi interaktif di tiga kampus besar di Yogyakarta, kami melanjutkan perjalanan ke penerbit buku yaitu RESIST BOOK yang dikenal sebagai penerbit Perlawanan. Di rumah plus kantor bagi sukarelawan RESIST book kami diterima dengan ramah oleh penghuninya, pada awalnya kami ingin bertemu dengan Eko Prasetyo penulis buku ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH, GURU MENDIDIK ITU MELAWAN dan lain-lain. Namun keinginan itu tertunda, semoga dilain waktu saya atau teman-teman yang lain bisa bertemu beliau. Kami tidak kecewa atas hal tersebut, disana kami juga menemui salah satu tokoh dari RESIST BOOK yaitu Tri Guntur Narwaya, M.Si alias Mas Guntur (penulis: Matinya Ilmu Komunikasi, Kuasa Stigma dan Represi Ingatan, dan banyak buku yang ditulisnya). Mas Guntur menceritakan panjang lebar mengenai RESIST BOOK, mulai dari INSIST sampai ke RESIST serta menjelaskan dengan gamblang bentuk eksistensi mereka dalam memperjuangkan semangat baca dan lawan. Saya sebagai seorang Blogger Fakir sangat kagum dengan bentuk perlawanan atas penindasan oleh mereka melalui tulisan, sejenak saya terpikir "saya pasti menerbitkan tulisan perlawanan disini..." kereeeen.... Suasana keakraban tampak dalam forum tersebut, padahal pertama kalinya kami mengunjungi RESIST BOOK ditambah hidangan gorengan khas mahasiswa yang hangat dan nikmat. Subhanallah...... biasanya di rumah yang berbasis perlawanan kita menemukan ratusan pucuk senjata dan amunisi, tapi di RESIST BOOK kami menemukan ratusan buku dan berbagai variasi tulisan serta simbol perlawanan dari kata-kata.  Akhirnya, selepas diskusi kami melakukan foto bersama Mas Guntur dan saya meluangkan rezeki saya untuk membeli buku dan kaos sebagai dukungan terhadap "BACA dan LAWAN !!!". Semoga tujuan positif RESIST BOOK tercapai...!!!
(Diskusi santai bersama Tokoh RESIST BOOK bang Guntur)

Setelah mengunjungi RESIST BOOK, kami melanjutkan perjalanan ke rumah tokoh sastra Nasional, yaitu Pak Kuswaydi Syafi'i untuk berdiskusi mengenai tema SAWUNGGALING KAWULO GUSTI.  (Bersambung ke Rihlah Ilmiah 2)

2 komentar on Rihlah Ilmiah :

Seputar-Internet said... February 8, 2010 at 9:22 PM

bingung nih mau komen apa... mampir saja deh kalau begitu...

Dede Permana said... May 17, 2010 at 9:16 AM

Bagus tuh, belajar sambil tamasya

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended