Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Manfaat Kerjasama

Share on :

Sebagai makhluk hidup kita sudah tercipta untuk saling kerjasama, komunikasi dan saling membantu. Pada hakikatnya kerjasama itu selalu terjadi di semesta alam ini, hanya bentuknya saja yang berbeda-beda diantara milyaran makhluk ciptaan-NYA.



Makhluk yang saya maksud bukan hanya manusia belaka, tapi semua yang diciptakan oleh Maha Pencipta seperti tumbuhan, hewan, bulan, bintang dan lain sebagainya. Semua ciptaan Tuhan selalu bekerjasama dalam keefektifitasannya di alam semesta ini, yang mana tujuannya saling membantu untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain. Hal tersebut tampak sekali dengan proses rantai makanan yang terjadi pada hewan, dalam pelaksanaannya secara fisik tampak sekali bahwa proses yang dilakukan dengan saling memakan adalah tidak lazim dari sudut pandang manusia. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka mereka tidak dapat melangsungkan kehidupannya atau mati karena tidak makan. Dengan fenomena yang terjadi itu, dapat dilihat ada ruang kerjasama yang terjadi. Kerjasama untuk dimakan dan kerjasama untuk bisa makan dalam melasungkan proses kehidupannya, walau prosesnya tidak lazim tapi itu hal yang tersebut pasti terjadi.


Bagaimana dengan manusia? Sangat jelas sekali mulai dari tataran teori atau praktisnya, manusia terlahir atas kerjasama yaitu kerjasama manusia laki-laki dan perempuan. Menjalani kehidupanpun manusia tidak terlepas dari sebuah ikatan kerjasama, kerjasama dapat diartikan seperti simbiosis mutualisme dalam ilmu biologi yang bersifat saling membutuhkan dan tidak merugikan salah satunya. Secara idealnya kehidupan manusia berjalan seperti simbiosis mutualisme, namun hal tersebut dapat saja terjadi sebaliknya yaitu kerjasama yang merugikan.


Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang saling membutuhkan satu sama lain, perlu kiranya kita menjalani kehidupan dengan mengambil contoh kupu-kupu dan bunga. Keduanya saling bekerjasama tanpa merugikan satu sama lainnya, kupu-kupu tanpa bunga akan kesulitan untuk mencari makanannya dan bunga tanpa kupu-kupu dapat mengakibatkan kurang efektifnya perkembangbiakan kupu-kupu tersebut. Walau secara nalar manusia, keduanya dapat saja tidak saling bekerjasama, namun apakah keduanya bekerjasama merugikan salah satunya? tentu tidak. Itulah proses kehidupan yang perlu dijadikan contoh, tidak dalam satu rumpun penciptaan seperti kupu-kupu dan bunga. Tapi keduanya saling berbagi mencapai manfaat satu sama lain, yaitu perkembangbiakan.

Wallahua'alam


0 komentar on Manfaat Kerjasama :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended