Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Jual Harta Karun | Pemerintah dan Perusahaan

Share on :
Mulai hari rabu 5 Mei 2010 lelang harta karun yang ditemukan di perairan cirebon dimulai, lelang yang melibatkan pasar nasional ini merupakan upaya pemerintah dan perusahaan (yang melakukan research) untuk dibagi dua agar modal yang dikeluarkan selama pengangkatan harta karun tersebut tertutupi. Disadari atau tidak, bahwa harta karun merupakan cagar budaya yang bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan bangsa ini, namun pemerintah dan perusahaan menyikapi hal ini seperti dagang atau jual beli yang harus mendapatkan keuntungan secara finansial.
 
Menyakitkan memang, sebagai warga negara yang memiliki hak untuk menghormati sejarah maka tentunya sangat berat sekali menerima sikap pemerintah yang menilai sejarah sebagai sarana mendapatkan keuntungan. Lebih parahnya lagi, informasi lelang tersebut ditegaskan langsung oleh menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad disalah satu televisi swasta saat itu, bahkan ia juga menegaskan bahwa pembelinya sudah siap dari berbagai negara seperti malaysia, singapore dan lain-lain. Apakah faktor basic seorang menteri sehingga lelang ini terjadi? Atau memang Indonesia sangat membutuhkan uang untuk menjalankan roda pemerintah?

Jika negara ini mengaca kepada negara-negara maju yang meluangkan waktu dan menghabiskan biaya untuk penelitian sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, maka hal ini atau lelang harta karun tidak akan terjadi. Indonesia sepatutnya belajar dari pengalaman Turki dan Cina yang meluangkan waktu dan biaya untuk mengutus para penelitinya dalam menemukan perahu Nabi Nuh di wilayah Turki timur, adakah terdengar mereka untuk menjualnya/melelangnya? sampai saat ini, mereka hanya merencanakan untuk mengembangkan teori menjadikan penemuan tersebut sebagai situs sejarah dan ingin dijadikan tempat wisata religi. Kapan Indonesia bisa seperti negara tersebut, insya Allah bisa terjadi jika para petinggi negara atau para birokrat lahir dari kalangan pendidik, pergerakan atau para akademisi yang memiliki jiwa akademik dan bukan para pengusaha lagi, karena sudah banyak bagian dari hak negara kita sudah diuangkan.

Mari kita mengambil hikmah dari pelelangan harta karun ini, begitu sempitnya para petinggi negara ini memutuskan hal tersebut. Setidaknya mereka juga mempertimbangkan warisan nenek moyang kita untuk dijadikan nilai-nilai sejarah yang harus dijaga, bukankah akan bermanfaat jika dibuat musium dibawah air atau jika tidak mampu untuk membangun musium dibawah air, kita bisa memanfaatkan lahan kosong untuk membangun musium baru khusus harta karun warisan nenek moyang yang ditemukan di perairan Indonesia.

0 komentar on Jual Harta Karun | Pemerintah dan Perusahaan :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended