Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Posisi Sangat Menentukan

Share on :
Posisi sangat penting bagi setiap orang, beberapa waktu yang la
Posisi sangat penting bagi setiap orang, beberapa waktu yang lalu para politikus berkompetisi untuk mendapatkan posisi penting dalam pemerintahan, mulai posisi sebagai legislator dan sebagai presiden Indonesia. Berbagai cara untuk mendapatkan posisi yang strategis tersebut, bagi para peserta ujian biasanya menjadikan posisi adalah bagian dari prestasi, tapi bagi orang-orang yang bertanggungjawab posisi penting adalah amanah dari Allah, kenapa demikian? Karena, apapun yang dilakukan manusia di muka bumi ini apalagi berhubungan dengan orang banyak akan dipertanggunggungjawabkan dalam kekuasan Allah.
Posisi didepan adalah posisi yang lebih bertanggungjawab dan berat menurut saya, karena banyak resiko yang ditanggung oleh siapapun yang bertempat diposisi depan, semisal posisi Imam sholat, walaupun ratusan hingga jutaan makmum serta posisi masjid atau tempat ibadah tersebut berlantai dua sampai tiga pun Imam Sholat posisinya tetap didepan dan dibawah, padahal apabila Imam melakukan kesalahan maka ia akan menanggung kesalahan dari puluhan, ratusan hingga ribuan makmumnya kepada yang Maha disembah. Sopir kendaraan seperti mobil atau bus, walaupun bus berlantai dua, sopir tetap didepan dan dibawah begitu juga dengan posisi pilot, apabila terjadi kesalahaan atau kecelakaan maka yang akan mempertanggungjawabkan semuanya adalah sopir atau pilot walaupun kejadian tersebut diluar faktor kesengajaan mereka, padahal pada umumnya apabila terjadi kecelakaan yang dulu mengakhiri hidupnya adalah yang didepan.
Memang berat apabila kita berada diposisi penting khususnya didepan, karena setiap gerak, pikiran, dan perasaan yang dijadikan sarana untuk menghasilkan keputusan memiliki pertanggungjawaban kepada setiap makhluk bahkan kepada sang Maha Bijak. Tapi, banyak orang yang memandang bahwa posisi penting adalah peluang untuk mendapatkan sesuatu yang diharapkan seperti harta, tahta dan wanita bahkan lebih dari itu. Sehingga mereka yang menjadikan amanah (posisi penting) sebagai peluang dalam mendapatkan sejuta harapan, berusaha mendapatkan posisi penting tersebut dengan bermacam cara, tidak peduli cara yang dilakukan merugikan orang lain yang penting posisi penting bisa dia dapatkan.
Islam sangat mulia menyikapi posisi penting, dalam agama Islam semua mendapatkan perlakuan sama. Perintah dan larangan dalam agama Islam berlaku kepada seluruh penganutnya, tidak memandang keturunan ataupun jabatan pelaksananya. Dalam Islam memang ada keringanan atau rukhsoh, namun bukan bagi orang yang memiliki posisi penting tapi bagi yang sulit melaksanakannya akibat kekurangan dan bukan kelebihan. Dalam hukum negara Indonesia, keringanan hukum bagi pemilik posisi penting tidak tertulis dalam Undang-Undang Dasar tapi ada pelaksanaannya, begitu juga dalam budaya masyarakat kita.
Pernahkah anda mendengar dan melihat anggota kepolisian mengikuti sidang pelanggaran lalu lintas di wilayah tugasnya, sedangkan dia tidak memenuhi standart pengendara di kawasan tertib lalu lintas? Selama hidup penulis belum pernah mendengarkan informasi tentang itu, karena dia memiliki posisi penting, yaitu salah satu anggota yang melakukan pemeriksaan (razia).
Dalam tatanan masyarakat juga demikian, apabila memiliki posisi penting maka akan dihormati walaupun banyak hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan tertulis masyarakat. Contohnya, keturunan kyai (bukan kyai) atau kerabat kyai yang masyur di wilayah tersebut, maka akan dihormati oleh masyarakat sekitar walaupun bukan ahli agama bahkan melanggar aturan agama akan tetap memiliki kehormatan seperti kyai sebelumnya. Memang masyarakat menghormati keturunannya atas faktor kelebihan orang tua atau kerabat sebelumnya, tapi sangat berlebihan apabila karena hal tersebut keturunan atau kerabat kyai seenaknya berbuat, seakan-akan memiliki discount dosa dari Allah atas perbuatannya. Karena hal tersebutlah, banyak orang-orang mengejar posisi penting sebagai orang terdekat kyai (seperti menantu, besan, atau orang terpenting dikalangan kyai) untuk mencapai kehormatan tinggi sebagaimana keturunan kyai pada umumnya. (naudzubillahi min dzalik)
Banyak cara mendapatkan posisi penting untuk mendapatkan sebuah keinginan individual dan merugikan masyarakat banyak, khususnya dalam dunia pendidikan instan yang marak digemari di Indonesia. Semisal adanya kampus cabang yang berada di tempat-tempat terpencil dengan melakukan perkuliahan dua tahun dan durasi pertemuan satu minggu sekali untuk mendapatkan gelar strata satu (S1). Memang menguntungkan bagi pelaksana dan peserta didik dilembaga dadakan tersebut, tapi apakah kualitas sumber daya manusianya memenuhi standart pendidikan saat ini? Karena yang lebih fatal adalah saat mereka terjun dalam dunia pendidikan sebagai pendidik atau guru nantinya, seorang guru yang lahir dari proses instan tidak menutup kemungkinan keberadaan mereka sebagai guru hanya proses pencapaian kesejahteraan pribadi saja, sehingga peserta didik di Indonesia lahir dari pendidik yang serba instan. Adanya media penjualan ijazah juga sangat berbahaya dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, itulah wajah pendidikan di Indonesia.
Sebagai hamba yang mengabdi kepada sang Maha bijak yaitu Allah SWT. seharusnya mensyukuri posisi penting tersebut dengan menjadikan Allah sebagai pendamping dalam menjalani amanah dan tujuan yang utama dalam menjalankan keberadaan sebagai penempat posisi penting hanya karena pencapaian kesempurnaan kepada Allah bukan atas hawa nafsu yang menjadi simbol kelemahan manusia.
Maka, ungkapan inna lillahi wa inna ilaihi roji’un penulis haturkan kepada pemimpin Indonesia terpilih melalui “suara terbanyak manusia” di negara ini.



0 komentar on Posisi Sangat Menentukan :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended