Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Kejadian Itu Faktor Sebelumnya

Share on :
Setiap kondisi lahir karena kondisi sebelumnya, itulah kalimat
Setiap kondisi lahir karena kondisi sebelumnya, itulah kalimat yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di Indonesia saat ini. Memang permasalahan setiap saat terjadi kepada siapa saja, permasalahan hadir dalam kehidupan seseorang tidak memandang derajat ataupun kualitas seseorang dihadapan masyarakat, permasalahan ada karena ada permasalahan yang ada sebelumnya. Adakah masalah itu tidak karena sesuatu sebelumnya? Jawabnya, tidak ada.

Pada umumnya hal itu disebut hukum sebab akibat, sedangkan yang demikian juga di Indonesia banyak orang mengatakan itu karma, menurut saya itu hukum sebab akibat ataupun karma sama saja, tapi dalam Islam itu disebut sunnatullah. Dalam al-Qur’an sudah ditegaskan oleh Luqman kepada anaknya, yang kurang lebih artinya demikian: "Hai anakku, Sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasnya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui". Ayat diatas menegaskan bahwa, perbuatan baik ataupun buruk sekecil apapun bentuknya maka akan melahirkan atau menyebabkan sesuatu yang terjadi sesudahnya dengan kata lain ada balasannya.
Apabila dikaitkan dengan permasalahan yang terjadi di Indonesia baru-baru ini, maka permasalahan tersebut lahir dari masalah sebelumnya. Bom yang terjadi di Mega Kuningan Jakarta pada dua hotel terkenal adalah akibat sesuatu yang terjadi sebelumnya, bagi pelaku karena ada sesuatu yang terjadi sebelumnya pada diri pelaku atau “bosnya”. Bagi hotel yang terkena ledakan, adalah teguran atas kebebasan yang ada didalamnya, karena menurut beberapa penuturan orang-orang yang pernah menginap dihotel itu, bahwa pelayanan kedua hotel tersebut memenuhi standart internasional, bagi pendatang (yang menginap) ditawarkan berbagai pelayanan plus lahir dan batin, saya yakin pembaca tahu maksud pelayanan plus lahir dan batin. Walaupun banyak anggapan bahwa hotel tersebut adalah imbas kebencian kepada suatu golongan, tapi pikiran pelaku atau bosnya memang terarah kesitu akibat ada daya tarik sesuatu yang terjadi sebelumnya oleh hotel itu, dengan bahasa umumnya adalah jodoh.
Kalaupun memang pikiran pelaku tidak terjadi atas daya tarik sesuatu yang terjadi sebelumnya dihotel, ada tempat yang layak pakai untuk mengacaukan Indonesia, bagi pelaku bisa saja melakukan pengeboman ditempat ibadah-ibadah umat beragama atau dipasar-pasar. Apabila memang targetnya adalah warga asing, kenapa tidak dikawasan wisata saja, padahal kawasan wisata tidak terlalu ketat penjagaannya, tidak ada CCTV dan pemeriksaan berstandar. Memang banyak anggapan terhadap siapa pelaku pengeboman tersebut, ada yang mengatakan bahwa pelakunya adalah teroris internasional, imbas perpolitikan yang perang urat syaraf, dan lain sebagainya. Namun pada intinya adalah faktor sesuatu sebelumnya.
Bagaimanapun alasan pengeboman itu, tetap saja salah besar. Karena itu adalah tindakan anak kecil yang dilakukan orang besar, sebenarnya pelaku harus berkaca tentang bagaimana kalau itu terjadi padanya atau komunitas yang dipimpinnya. Atas kejadian itu, indonesia menangis lagi, walaupun hanya dua tempat yang terkena bom tapi imbasnya terasa seluruh Indonesia. Mulai faktor ekonomi dengan dolar merambah naik sampai kepada kebijakan luar negeri yang memberikan sinyal siaga kepada warganya yang berkunjung ke Indonesia dan berefek kepada kepariwisataan Indonesia. Kerugiaan secara langsung pun terjadi kepada pembatalan kunjungan Manchester United untuk bertandang ke Indonesia, sehingga juga berimbas kepada layanan masyarakat seperti media elektronik yang mengalami kerugian sampai milyaran rupiah.
Melalui tulisan ini, hamba yang fakir yakin bahwa pelaku yang ada dibalik pengeboman itu akan terungkap dan tertangkap hidup-hidup, insya Allah.





3 komentar on Kejadian Itu Faktor Sebelumnya :

Anonymous said... July 19, 2009 at 9:15 PM

ya mungkin adalah hukuman,,,,tetapi tidak lah kita rasa respect,,,saat orang bekerja dengan sungguh-sungguh dsna pun terlibat,,,,semoga diterima disisi-NYA

silo semedi said... September 24, 2009 at 7:36 AM

AKU setuju sekali dengan topik ini

Namun yang menjadi perhatian kita adalah bahwa Allah tidak hanya menghukum orang-orang yang dholim saja/yang melakukan kebejatan melainkan orang-orang yang alim disekitarnya juga kena imhasnya

INGAT CERITA SAAT ALLAH MENENGELAMKAN HARTA QORUN

NgeblogLagi said... October 7, 2009 at 12:39 PM

@silo semedi: Bagi yang terkena imbas hukuman Allah terhadap orang-orang dlolim tersebut telah mendapat ganjaran, yaitu Mati Syahid. Bisa cek di tafsir jalalain (maaf, saya lupa fokus kajiannya). Salam Kenal.........

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended