Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Open House, Pameran dan Pentas di Lembaga Pendidikan

Share on :
Diskusi tentang humas pada umumnya mengarahkan logika audien/pembaca pada hal yang berkaitan dengan komunikasi, konferensi pers, informasi dan public relation. Intinya adalah sebagai sarana komunikasi untuk membina hubungan antar manusia di dalam organisasi maupun di luar organisasi seraya mencegah timbulnya masalah. Berdasarkan pertemuan asosiasi-asosiasi humas seluruh dunia di mexico city pada Agustus 1978, ditetapkan definisi humas adalah suatu seni sekaligus disiplin ilmu social yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatannya, memberi masukan dan saran-saran kepada pemimpin organisasi serta mengimplementasikan program-program tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi . Menyimpulkan definisi diatas pengertian humas secara umum adalah fungsi yang khas antara organisasi dengan publiknya, atau dengan kata lain antara lembaga pendidikan dengan warga di dalam (guru, karyawan, siswa) dan warga dari luar (wali siswa, masyarakat, instusi luar, patner sekolah). Dalam konteks ini jelas bahwa humas atau public relation (PR) adalah termasuk salah satu elemen yang penting dalam suatu organisasi kelompok ataupun secara individu.

Berbicara mengenai humas dalam lembaga pendidikan, dewasa ini masih kurang sekali difungsikan oleh masing-masing lembaga sekolah. Hal ini tidak terlepas dari kurangnya informasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh para pengelola atau pelaksana dalam sekolah tersebut. Terutama ini banyak di lakukan oleh sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan pemerintah, mulai dari level SD sampai SMA. Kecuali di level universitas, sudah ada staf atau petugas sendiri untuk bagian humas atau PR. Memang untuk lembaga pendidikan swasta atau dibawah naungan yayasan tertentu sudah mulai digunakan cara-cara ke-humas-an tersebut, tapi biasanya kurang maksimal. Sebenarnya konsep dan aplikasi humas dalam suatu lembaga pendidikan bisa dan relatif mudah untuk dilaksanakan, walaupun yang penting dalam hal ini adalah adanya keinginan dari lembaga tersebut untuk sadar akan fungsi dan tugas dalam hal kehumasan. Berbagai macam media humas yang yang sangat penting demi menunjang kerja humas di sekolah atau lembaga pendidikan. Media-media itu antara lain; majalah sekolah/buletin, papan informasi kegiatan dan Foto kegiatan, buku penghubung yang berisi kegiatan dan perilaku siswa di sekolah, Banner sekolah, kotak saran, Forum Komunikasi Orang tua siswa, Leaflet, Talk Show dengan orang tua, serta yang paling mutakhir pembuatan website/blog/domain di dunia maya baik yang tanpa biaya atau yang menggunakan biaya. Semua media-media itu tidak lain adalah sebagai sarana untuk memaksimalkan lagi fungsi humas dalam lembaga pendidikan. Dan yang lebih penting lagi dalam komunikasi humas ke khalayak umum dan mencakupi media-media di atas adalah kegiatan open house, pameran dan pentas. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh elemen sekolah dan masyarakat, sebagai sarana publikasi dan sosialisasi yang efektif.
Atas landasan tersebut, dalam makalah ini membahas tentang open house, pameran dan pentas di lembaga pendidikan. Makalah lengkapnya download 1 dan download 2

3 komentar on Open House, Pameran dan Pentas di Lembaga Pendidikan :

Unknown said... March 11, 2010 at 6:13 PM

Open house memang merupakan salah satu event yang penting untuk sekolah karena pada event tersebut bisa terjadi komunikasi dua arah antara pengelola sekolah dan audiens. Open house sebetulnya sangat menarik untuk didiskusikan.

Blogger Fakir said... March 11, 2010 at 8:52 PM

iya begitulah......

MY REVIEW said... October 1, 2011 at 12:02 AM

KOK link nya g bsa di unduh? :(

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended