Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Manusia Dahsyat

Share on :
Banyak orang yang beranggapan bahwa sukses identik dengan materi, sehingga salah satu dosen saya mengatakan bahwa “uang bukan satu-satunya, tapi uang adalah segala-galanya”, lalu bagaimana dengan anda? Sukses seperti apa yang anda harapkan dalam menjalani kehidupan ini? Uang menumpuk di brangkas (mau pamer seperti syech Puji), tabungan melimpah di Bank nasional bahkan internasional, sejumlah mobil parkir di bagasi, rumah mewah dengan taman dan kolam, perabot yang mahal, pembantu ada setiap saat, sopir pribadi, tukang kebun, memiliki apartemen atau vila di tempat-tempat strategis, investasi di mana-mana, memiliki perusahaan dan saham? Atau jalan-jalan keluar negeri bersama keluarga? Kapan perlu beli pesawat dan pulau pribadi. Apakah orang yang sukses seperti motivator Tung Desem Waringin, yang memiilki berbagai macam strategi menghasilkan uang, perhatian dan daya tarik pelanggan agar membeli produk yang dipromosikan seperti menghamburkan uang di bogor senilai 100 juta rupiah melalui pesawat untuk lounching bukunya yang berjudul marketing revolution dengan harga 350rb/buah atau seperti Anthony Robbins, seorang mantan pembersih kloset bergaji US$ 35 per minggu yang kini memiliki penghasilan $26 juta per tahun, memiliki pulau, pesawat terbang pribadi dan kini menjadi seorang no 1 success coach in the world sehingga Nelson Mandela, Bill Clinton, Andre Aggasi, Michael Jordan dan alm. Lady Diana pun belajar dengannya.

Semua itu tak ada apa-apanya dibandingkan dengan seseorang anak yatim piatu yang saat ini telah memiliki banyak penggemar bukan di negara saja tapi di seluruh dunia, kaya sehingga melamar isteri pertama pun dengan mahar 20 onta muda (kurang lebih setengah milyar rupiah), dan yang paling dahsyat adalah berabad-abad lamanya dijadikan panutan hingga saat ini. Saya belum pernah menemukan tokoh yang bisa melebihinya dari segala aspek, seorang Muslim sejati biasanya lebih dari 50 kali menyebut namanya, beliau adalah Muhammad saw. Itulah manusia paripurna yang paling banyak di sebut di muka bumi ini selama lebih dari 14 abad. Coba kita hitung dalam sehari semalam, adzan dan iqomah dikumandangkan masing-masing 5 kali, didalamnya nama Muhammad disebutkan 15 kali. Ketika menunaikan sholat shubuh kita 3 kali menyebut namanya. Saat mendirikan sholat dzuhur sampai isya’, kita 8 kali menyebut namanya. Jadi, total dalam 24 jam, minimal kita menyebut namanya sebanyak 35 kali. Itu belum termasuk yang kita sebutkan dalam sholat sunnah, berarti kita menyebutnya sebanyak 50 kali, belum lagi ketika bersholawat kepada beliau.

Apa untungnya menyebut nama Rasulullah Muhammad saw? Banyak keuntungan yang akan kita peroleh hanya dengan menyebut namanya, apalagi jika kita meneladani kehidupan, perintah dan larangannya serta perilaku beliau. Karena garansi yang diberikan adalah kebahagiaan, keselamatan dan kesejahteraan di dunia maupun di akhirat. Apabila seluruh pemuda di negeri ini mencontoh akhlak beliau, pasti di negeri yang kaya ini dipayungi oleh kemakmuran dan kesejahteraan. Saat ini Rasulullah Muhammad saw. hanya diidentikkan sebagai simbol agama saja (sebagaimana pema’naan masyarakat indonesia yang tidak menutup auratnya terhadap jilbab) sehingga jarang orang-orang khususnya para remaja mengidolakan manusia sukses ini. Banyak yang lebih bangga menyebut nama idolanya, saking bangganya terhadap yang diidolakan mereka tidak segan-segan memampang wajah idola tersebut di kamar dan mereka pun bangga tergabung dalam komunitas pengidola seperti Bala Dewa, Slanker, Fals Mania dan berbagai macam namanya. Akibatnya, jika ada konser atau acara musik, mereka datang berduyun-duyun dengan kostum serta atribut yang khas. Apabila kita bersholawat kepada Rasulullah Muhammad saw. ada malaikat khusus yang bertugas menyampaikan kepada beliau nama orang yang bersholawat beserta nama bapaknya, kemudian Rasulullah saw membalasnya dengan 10 kali lipat, serta membangga-banggakan kita dihadapan para malaikat. Semakin sering bersholawat, berarti semakin familiar nama kita dihadapan Rasulullah saw sehingga mendapat kemudahan dalam menggapai ridlo Allah SWT.

Rasulullah dilahirkan dalam keadaan yatim, pada usia 6 tahun ibu beliau wafat dalam perjalanan ke Yastrib setelah melakukan ziarah di makam sang ayah. Umur 8 tahunan beliau dibina dan dididik oleh kakek yang bernama Abdul Muthalib yang cukup terpandang dan kaya, sejak itu Muhammad kecil hidup dalam suasana kewirausahaan. Tapi, beliau bukan manfaatkan suasana dalam lingkungan kakek beliau yang kaya, karena pada usia tersebut kakek beliau wafat. Akhirnya, beliau kemudian ikut paman beliau Abu Thalib yang tidak terlalu kaya seperti kakeknya. Mulai saat itulah Rasulullah kecil menggembala kambing sambil belajar mencari nafkah sendiri.

Usia 12 tahun diajak oleh pamannya merantau ke negeri Syam (kini meliputi Suriah, Yordan, dan Libanon), syam itu jaraknya ribuan kilometer dan untuk sampai ke sana pun masa itu tidak ada pesawat atau mobil seperti sekarang ini. Perjalanan itu melatih fisik serta mentalnya dalam membentuk pribadi mandiri dan tangguh. Ada hikmah yang tertanam dalam perjalanan beliau ke negeri Syam untuk membangun sebuah bisnis, diperlukan keberanian untuk merantau atau berhijrah. Di negara kita pun para perantau memiliki mental yang tangguh dan keberanian yang tinggi untuk melakukan bisnis. Salah satu contoh nyata adalah para etnis cina yang ada di sekitar kita, mereka pada umumnya mayoritas pebisnis yang sukses walaupun masih ada beberapa dari mereka yang masih menengah ke bawah.

Lalu apa yang anda lakukan pada umur 12 tahun sampai sekarang? Mungkin kita masih malas-malasnya menghabiskan waktu untuk berpoya-poya dengan memanfaatkan harta orang tua, nongkrong di mal atau sedang santai menghirup kopi dengan mendengar lantunan musik di sebuah kafe. Masa kecil kita bukan masa pembentukan dan penempatan karakter, karena orang tua berusaha untuk memudahkan langkah kita dengan memberikan apa yang selalu diminta oleh sang anak. Akibatnya, banyak anak-anak pada masa kini masih bergantung sepenuhnya kepada kedua orang tua. Usia 17 tahun yang biasa disebut para remaja sebaga sweet seventeen hingga usia adalah masa 20 tahun adalah masa-masa sulit dalam perjalanan bisnis Rasulullah saw. Hal ini terjadi karena beliau harus mandiri dan bersaing dengan pebisnis-pebisnis senior pada masa itu, hingga beliau sering bolak-balik ke negeri Syam untuk transaksi ekspor-impor hingga berusia 25 tahun, terhitung 18 kali beliau melakukan perjalanan ke luar negeri dengan membawa keuntungan yang luar biasa. Bisnis beliau maju pesat atas kegigihan beliau dalam berwirausaha serta sikap beliau sebagai orang yang sangat dipercaya dalam dunia perbisnisan saat itu, sehingga beliau mendapatkan julukan al-Amin. Karena ketenaran itulah, banyak para investor tertarik untuk menjalin mitra kerja dengan beliau. Salah satunya adalah khadijah, janda kaya yang merupakan investor nomor satu di jazirah Arab. Karena melihat prospek yang menjanjikan, maka Muhammad muda pun melakukan kerjasama. Bahkan di kemudian hari, Muhammad muda juga bersedia menerima pinangan Khadijah yang tertarik oleh kepiawaian Muhammad dalam berbisnis serta kemuliaan akhlaknya. Dalam pernikahan itu, Muhammad saw memberi mas kawin 20 ekor onta muda atau kurang lebih setengah miliar rupiah. Mana ada pengusaha muda di Indonesia yang mau memberi mahar begitu besar kepada Isterinya, paling umum hanya seperangkat alat sholat.

Jangan berkecil hati saudara-saudara yang berpendidikan rendah, sebab Nabi Muhammad saja tidak sekolah bahkan buta huruf, akan tetapi banyak para doktor, profesor dan beberapa pakar sejarah yang mengkaji kehidupan beliau yang sangat dahsyat itu. Jangan karena tidak punya modal kita takut untuk memulai bisnis, Nabi tidak punya modal sama sekali dan Nabi hanya memiliki modal kejujuran. Terinspirasi kehidupan Nabi Muhammad itulah, penulis mencoba untuk memulai bisnis tanpa modal seperti Nabi Muhammad saw dengan modal kejujuran, ternyata memang sulit juga, namun bukan berarti tidak mampu. Alhasil, penulis bisa membiayai kuliah S1 mulai semester 4 sampai semester 8 dan saat ini melanjutkan S2 dengan biaya sendiri serta membiayai isteri, menghidupi seorang anak yang cantik dan cerdas. Tidak ada alasan lagi yang dibenarkan untuk takut memulai bisnis, tutuplah semua celah untuk mengeluh karena keluhan hanya memperjelas kelemahan kita.

Setelah berusia 40 tahun, Muhammad diangkat menjadi seorang Nabi selama 13 tahun beliau melakukan dakwah di Mekah, beliau mendapatkan cacian, makian, cercaan, hinaan, dan beragam tindakan tidak terpuji lainnya. Semua tidak hanya dilakukan oleh orang lain saja, namun dari sanak kerabatnya sendiri juga melakukan tindakan tercela itu. Kalau selama ini kita hanya belajar dari kegagalan andri wongso dalam menjalani kehidupannya hingga menjadi seorang motivator dan perjalanan hidup seorang silvester stylone dalam mengajukan skenario film rocky nya yang mengalami kegagalan sebanyak kurang lebih 1500 kali kegagalan, akhirnya menjadi pemain film yang terkenal. Tapi, berapa kali kegagalan dan penolakan yang diterima Rasulullah selama 13 tahun? Dan bukan hanya itu saja yang beliau alami, beliau juga diusir, dilemparai kotoran binatang, dilempari batu dan benda-benda keras lainnya. Bukankah itu contoh pengorbanan yang luar biasa dalam mencapai tujuan, yang tujuannya saat ini kita rasakan. Namun, apa yang telah kita berikan dalam menghargai perjuangan beliau, malah kita mengidolakan orang lain yang tidak seiman dengan kita. Bangsa ini besar jika memiliki mental kuat dan tangguh seperti Nabi Muhammad saw,maka siapa orang yang melakukan perubahan besar di dunia ini dan patut dijadikan panutan? Beliaulah Rasulullah saw. Siapa revolusioner terhebat sepanjang masa? Beliaulah Rasulullah saw. Siapakah pebisnis sukses yang mengawali bisnisnya mulai dari nol yang terkenal seluruh dunia? Beliaulah Rasulullah saw. Beliaulah sosok yang fenomenal dan manusia terdahsyat yang harus kita jadikan panutan.

0 komentar on Manusia Dahsyat :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended