Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Manfaat Bulan Ramadhan

Share on :
Tepat tanggal 11 Agustus 2010, ditetapkannya awal pelaksanaan bulan Ramadhan di Indonesia secara serentak oleh ormas-ormas besar Islam. Pada tahun sebelumnya banyak perbedaan terkait awal pelaksanaan bulan ramadhan, khususnya pada ormas yang berbeda menggunakan sistem penghitungan awal bulan. Sistem yang digunakan seringkali menghasilkan penentuan berbeda, khususnya sistem Hisab (penghitungan secara matematis) dan sistem Rukyatu Hilal (melihat bulan muda secara kasat mata). Pada tahun 2010 ini hasil dari 2 sistem tersebut sama, semoga pelaksanaan Raya Idul Fitri juga demikian.

Perbedaan diatas membuktikan bahwa Islam adalah agama plural (PENTING: Jangan memaknai plural adalah semua agama sama, itu terlalu sempit !!! ), perbedaan yang berlimpah dan menciptakan banyak manfaat bagi setiap kalangan. Tidak salah, bahwa agama Islam Rahmatan Lil 'Alamin atau Rahmat bagi seluruh alam semesta. Jutaan Rahmat dan Manfaat pada tersebut dapat kita temui di bulan suci Ramadhan ini, karena Allah memposisikan dzat-NYA  yang langsung membalas amalan puasa sebagaimana firman-NYA (yang artinya), "Setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya." (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim).


Bulan  ini  telah  dikhususkan  oleh  Allah  dengan  beberapa  kelebihan, kelebihan yang paling agung dan tinggi adalah Allah menurunkan padanya Al-Qur'an yang agung sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan bagi petunjuk tersebut. Firman Allah Ta'ala:
(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di  dalamnya diturunkan  (permulaan)  Al  Quran  sebagai  petunjuk  bagi manusia  dan  penjelasan-penjelasan  mengenai  petunjuk  itu  dan  pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena  itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada  bulan  itu,  dan  barangsiapa  sakit  atau  dalam  perjalanan  (lalu  ia berbuka),  Maka  (wajiblah  baginya  berpuasa),  sebanyak  hari  yang
ditinggalkannya  itu,  pada  hari-hari  yang  lain.  Allah  menghendaki kemudahan  bagimu,  dan  tidak  menghendaki  kesukaran  bagimu.  Dan hendaklah  kamu  mencukupkan bilangannya  dan  hendaklah  kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu,  supaya kamu bersyukur
. ( QS. Al-Baqarah: 185)

Bulan ini merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, perilaku asli manusia tanpa pengaruh makhluk lain seperti Syetan dibuktikan pada bulan ini. Hal ini diperjelas dalam hadits riwayat Imam Turmudzi Dari  Abu Hurairah  ra  bahwa  Nabi  Saw  bersabda:  "Pada  malam  permulaan  bulan Ramadhan dibelenggulah setan-setan   dan jin-jin yang nakal, ditutup rapat-rapat  pintu-pintu  neraka  dan  tidak  ada  satu  pintupun  yang  dibuka  serta dibuka  pintu-pintu  neraka  dan  tidak  ada  satu  pintupun  yang  ditutup,  dan penyeru  datang  menyeru:  Wahai  orang  yang  menghendaki  kebaikan datanglah  kemari  dan  wahai  orang  yang  menghendaki  keburukan berhentilah,  dan Allah membebaskan  orang  dari  api  neraka  dan  itu  terjadi pada setiap malam bulan Ramadhan."

0 komentar on Manfaat Bulan Ramadhan :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended