Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Menyelesaikan Masalah Dengan Efektif

Share on :
Masalah adalah kondisi yang sangat dihindari oleh setiap orang, namun masalah pada hakikatnya memberikan pembelajaran dan pelatihan kepada pelakunya. Banyak orang sukses tercipta karena masalah, masalah seakan-akan mengasah pola pikir seseorang untuk bisa mandiri dan kebal dari kondisi yang menjadi tantangan baginya. Tidak jarang juga, orang yang menghadapi masalah kalah dalam penyelesaian sehingga menjadikan orang tersebut putus asa.

Beberapa hari ini saya menilai permasalahan sebenarnya sangat mudah diselesaikan, jika permasalahan tersebut diselesaikan oleh orang-orang yang terlibat didalamnya. Maka akan terjadi sebaliknya, jika masalah tersebut mengikutsertakan orang lain yang tidak terlibat didalamnya. Karena orang yang tidak terlibat didalamnya akan memberikan warna berbeda dalam masalah tersebut, sebagaimana suasana yang dimiliki oleh orang lain dicampur adukkan dengan suasana orang diluarnya.

Masalah bagaikan sebuah kapal, ia ditumpangi oleh nakhoda dan anak buah kapal. Apabila terjadi kerusakan pada kapal tersebut, maka yang berhak dan tahu kerusakan didalamnya hanyalah penghuni kapal. Jika perbaikan kapal tersebut mengikutsertakan petani didalamnya, maka petani itu akan memberikan apa yang dia tahu tentang pertanian dan bukan solusi untuk memperbaiki kapal.
Masalah juga bagaikan perahu kecil atau sampan yang hanya bermuatan dua orang, apabila ditambah beberapa orang lagi didalamnya maka ia akan karam. Karena yang berhak dalam muatan sampan itu sudah dibatasi, sehingga dilarang menambah muatan/orang lagi didalamnya.

Seperti itulah penyelesaian masalah yang sangat efektif menurut saya sebagai blogger fakir, masalah ada lebih efektif jika diselesaikan oleh orang-orang yang terlibat didalamnya dan tidak melibatkan orang lain sebagai penyelesainya. Masalah dalam hal ini berkaitan dengan hal-hal kehidupan seseorang, bukan permasalahan yang melanggar norma hukum. Apabila norma hukum, pelanggar atau pembuat masalahnya akan berurusan dengan penegak hukum. Jika permasalahan dengan orang dekat anda, maka urusan tersebut anda selesaikan dengan cara anda dan jangan libatkan orang lain. Begitu juga anda, jangan memaksakan diri untuk mengurus masalah orang lain.

Setiap orang sudah memiliki ukuran permasalahan sendiri-sendiri, sehingga biarkan mereka hidup dengan irama kehidupannya. Janganlah memaksakan orang lain mengikuti irama anda, karena dia, anda, mereka dan saya terlahir atas kehendak yang berbeda. Walau pada hakikatnya berbagi mencapai manfaat adalah hal yang positif, tetapi berbagi mencapai manfaat dengan memaksakan diri untuk ikut campur adalah hal yang sangat tidak baik


0 komentar on Menyelesaikan Masalah Dengan Efektif :

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended