Blog Uluh Ngaju dalam Berbagi Mencapai Manfaat

lazada.co.id
pasang iklan baris gratisBanner 125x125Peluang usaha modal kecil

Manusia Untuk Dihormati

Share on :
Disaat adam msh berbentuk lumpur dan tidak memiliki Ruh, dia hanya tempat orang memijakkan kaki dan tidak ada nilai mulianya sedikitpun. Dia diam dicaci maki, dia diam dihina dan dia diam difitnah. Iblis dan Malaikatpun tidak memiliki rasa hormat kepada Adam di saat itu.

Setelah Adam ditiupkan Ruh Rabbani (ketuhanan) dan menjadi bentuk tubuh serta mampu bergerak sebagaimana Malaikat dan Iblis. Adam akhirnya memiliki hak untuk dihormati, kekuatan Ruh Rabbani membuat Adam harus dihormati oleh Iblis dan Malaikat. Namun, Iblis lah yang menolak untuk menghormati Adam sbg Makhluk Tuhan dengan memiliki derajat di atas Iblis.

 Hingga saat ini, hanya Malaikat yang taat dengan perintah Tuhan menjadikan manusia sebagai makhluk terhormat. Wajar, jika manusia memiliki sifat ke-iblisan dan sifat ke-Malaikatan yang berusaha memposisikan diri agar menyatu menjadi sifat terbaik yaitu sifat ke-Tuhanan. Hormatilah Manusia lainnya, karena sejelek-jeleknya manusia, dia masih ada sifat ke-malaikatan.

Ini bukan tentang teori Islam, teori kristen, teori hindu, budha, dan bahkan Yahudi. Tapi, ini tentang etika menyikapi manusia lainnya yang mempunyai hak untuk berbuat baik dan bukan sebagai bahan dalam merendahkan. Sejelek-jeleknya manusia bukanlah orang Islam, bukan juga orang kristen, bukan pula orang hindu, tidak juga orang Budha, atau bukan juga orang agama lain dan bahkan bukan juga orang Yahudi. Tapi, sejelek-jeleknya manusia adalah Manusia yang tidak menghormati manusia lainnya dan Manusia yang tidak bisa menjadi bermanfaat kepada lainnya.

Inilah tentang manusia, sikap menghormati sesama makhluk merupakan bagian dari setiap hela nafas kita. kesalahan orang lain tidaklah mutlak, namun kebodohan kita akan terasa mutlak jika tidak mengenal manusia dari segi Hakikat Ketuhanannya.

1 komentar:

silo semedi said... October 11, 2013 at 2:03 PM

kang dapat ilmu dari mana?
pernah nyatri di mana?
atau dapat ilmu laduni

salam
pengemar kopi luwak tapi gak kuat beli

Ali mansyur

Post a Comment and Don't Spam!

Terima Kasih atas komentarnya, Semoga kita bisa selalu Berbagi Mencapai Manfaat

 

Total Pageviews

Shop Online Ku

Shop Online Ku
Shop Online Recommended